SimCity Baru Gunakan DRM, Ini Alasannya

| Jumat, 21 Desember 2012
SimCity Baru Gunakan DRM, Ini Alasannya
Hingga detik ini, Digital Right Managements (atau kerap kali disebut dengan nama DRM), masih tetap menjadi musuh bagi komunitas gamer di dunia. Pasalnya, batasan yang diberikan cenderung bersifat menyusahkan seperti misalnya harus men-download sebuah game yang telah dibeli atau mengharuskan Klikers memiliki koneksi internet yang stabil untuk bisa bermain. Memang, cara ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan game di luar sana untuk menghindari terjadinya pembajakan, tapi sayangnya metode yang digunakan cenderung bikin ribet dan malah merugikan mereka-mereka yang telah mengucurkan banyak uang demi membeli game original-nya.
Biarpun begitu, hal tersebut tidak menyurutkan rencana EA Maxis untuk tetap menggunakan DRM di game terbaru mereka, SimCity versi reboot. Menurut penuturan Lucy Bradshaw dari EA Maxis, DRM ini memang benar-benar dibutuhkan di game tersebut. Lalu apa sih sebenarnya yang membuat EA Maxis lantas mengambil keputusan seperti ini? Padahal mereka sudah tahu betul bahwa metode DRM sangatlah tidak disukai gamer...

Alasannya cukup sederhana. Bagi Klikers yang merupakan veteran di SimCity, pastinya tahu betul bahwa sejumlah elemen dalam game tersebut saling bertautan satu sama lain dan semuanya itu cukup penting. Mulai dari polusi, lalu lintas, perdagangan dan masih banyak lagi yang lainnya; dengan kata lain ada banyak jaringan informasi yang harus lalu lalang dalam setiap simulasi yang dijalankan. Itulah sebabnya, Bradshaw yang dasarnya juga merupakan fans sejati game ini, menyebutkan kalau membereskan seluruh interaksi tersebut dengan GlassBox Engine adalah beban yang berat dan agar bisa menanganinya dengan benar, mereka pun memutuskan untuk membagi antara Cloud Computing dengan PC. Itulah sebabnya, game tersebut harus selalu terhubungkan ke internet.
"Kamu selalu terhubungkan ke tetangga di wilayah kamu, jadi ketika kamu sedang bermain, data dari kota kalian akan berinteraksi dengan server kami dan kami akan menjalankan simulasi dengan skala regional. Contohnya, perdagangan antar kota, simulasi efek yang bisa menyebabkan perubahan di wilayah-wilayah seperti polusi ataupun kejahatan, begitupula dengan semakin sedikitnya sumber daya, semua itu akan diproses di server. Kemudian, datanya akan dikirim balik ke kota kalian, di PC kalian," jelas Bradshaw.

Lalu, ia mengatakan juga bahwa server-server yang ada akan di-update setiap tiga menit sekali untuk memastikan semua kota yang ada di setiap region selalu tersinkronisasi dengan perubahan yang paling baru. Konektivitas tersebut juga memungkinkan mereka untuk mengumpulkan data agar bisa menawarkan tantangan lokal dan global mingguan serta mendukung fasilitas leaderboard untuk seluruh dunia.
Kalau memang begitu, tampaknya tidak ada pilihan lain bukan? Anyway, SimCity baru ini diperkirakan akan meluncur di PC dan Mac pada tanggal 5 Maret 2013. Layak disaksikan, apakah DRM di game tersebut akan dianggap layak atau tidak...

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲